2 Hal Penting Sebelum Memulai Usaha Sendiri Yang Harus di Ketahui


Setiap orang pasti ingin memiliki usaha. Meskipun demikian, hanya sedikit orang yang bisa memiliki usaha. Dan dari yang sedikit itu, hanya sedikit dari yang sedikit itu berhasil. Alasannya? Banyak macam. Mulai dari kurang modal hingga alasan mistik seperti di guna-guna dan lain sebagainya.

Bagi saya, kegagalan dan kesuksesan semua berasal dari kita. Karena tingkat kepekaan kita terhadap lingkungan / pelanggan lah yang mebuat bisa sukses atau gagal. Masalah mistik? Tak perlu lah percaya sama Tuhan kalau masih percaya yang gituan.

Oke langsung saja. Sebelum memulai usaha, kita perlu melakukan langkah-langkah berikut:

Kenali Diri

Kegagalan utama dalam usaha adalah tidak mengenal diri sendiri. Umumnya orang melakukan usaha karena sekedar ikut-ikutan alias melihat orang lain maju, ingin juga buka usaha yang sama. Maka saran saya, jangan lakukan hal itu.

Kenali siapa diri anda. Misalnya, kalau anda termasuk pendiam, ada baiknya jangan buka usaha kuliner. Karena dunia kuliner butuh sentuhan pelayanan yang baik. Jadi usaha yang cocok untuk pendiam adalah reperasi mobil/motor. Service komputer, jualan online, rental mobil/motor, cuci mobil/motor.

Meskipun semua lini usaha butuh komunikasi yang lancar dan baik, namun yang saya sebutkan itu tidak begitu membutuh pelayan extra seperti dunia kuliner.

Untuk melengkapi pengenalan diri, anda baik jawab pertanyaan berikut

  • Keterampilan apa yang Anda miliki?
  • Di mana gairah Anda berada?
  • Di mana bidang keahlian Anda?
  • Berapa banyak yang dapat Anda belanjakan, mengetahui bahwa sebagian besar bisnis gagal?
  • Berapa modal yang Anda butuhkan?
  • Gaya hidup macam apa yang ingin Anda jalani?
  • Apakah Anda siap menjadi pengusaha?

Setelah mendapat jawabanya, lalu berbegas lah buat 

Rencanakan usaha.

Sebelum saya membuka usaha kafe, 3 tahun sebelumnya saya menrancang. Saya telah menulis di kertas nama usaha. Hingga akhirnya saya memtuskan nama Kafe saya nantinya adalah "Ngopi dan Ngobrol (Ngopngob). Dan dari nama itu, saya langsung mengganti nama facebook menjadi Ngopi dan Ngobrol. Selain itu, saya juga membuat group ngopi dan ngobrol di facebook.

Kenapa saya butuh 3 tahun untuk membuka sebuah kafe? Karena saya tidak ada modal. Jadi jalan satu-satunya adalah meminjam uang di BANK BRI sebanyak Rp 5 juta selasai satu tahun. Kemudian, minjam lagi Rp 10 juta di tahun berkutnya dan selesai bayar di tahun ketiga.

Begitu lunas utang Rp 10 juta, saya melanjutkan dengan meminjam modal Rp 50 juta. Dan itu lah yang saya gunakan sebagai modal untuk buka usaha kafe. Dan sekarang, penghasilan Kafe rata-rata Rp 4 juta/bulan (Belum dipotong listrik, sewa ruko dan wifi Rp 2.500.000). 

Dengan demikian, saya untung Rp 1.500.000 perbulan. Dan itu adalah cicilan bulanan saya untuk pinjaman di BRI.

Setelah menganali diri, jangan terlalu banyak mikir. Putuskan apa usaha yang ingin anda bangun. Darimana anda memulainya, kemudian, berapa modal awal anda, dari mana asal modalnya. Dan juga jangan lupa kembangkan jiwa wira usaha anda. Siapkan mental, karena kegagalan adalah awal dari kesuksessan. Dan mustahil anda bisa sukses tanpa perlu perjuangan.

Pahlawan salah satu panglima perang mengatakan Kemenangan disaat perang adalah persiapan dari tempat tidur. 

Tanpa rencana yang mantang mustahil kita bisa memiliki usaha. Dan itu lah sebabnya hanya sedikit yang berhasil memiliki usaha.

Dan yang ketiga, Selamat mencoba. Ingat, kenali diri, Rencanakan yang mantang dan tetap fokus!


Good luck😊



















Jonny Richards

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

Previous Post Next Post

Terkini