Ini Penyebab Seseorang Jatuh Miskin

Ilustrasi Rumah Orang Miskin
Pada artikel sebelumnya, Kolam susu, tanah surang dan Singapore yang tenggelam oleh Kecing kita kita ngopi dan ngobrol seputar kenapa Negara kita "Indonesia" kalah jauh dibanding Singapore, kali ini kita akan bahas penyebab seseorang jatuh miskin.

Jadi jika anda tidak ingin hidup miskin maka pastikan anda tidak seperti berikut

Penyebab utama seseorang menjadi miskin adalah tidak memiliki tujuan masa depan! Ketika seseorang tidak memiliki tujuan untuk masa depannya, dirinya cenderung malas baik untuk belajar maupun bekerja. Sehingga membuat dirinya terus bertahan di Zona Nyaman. Jadi jika kawan ingin kaya, maka tentukan tujuan masa depan kawan dari sekarang. Misalnya, setelah 5 atau 10 tahun kedepan, kawan harus memiliki mobil Lamborghini. Dengan begitu kawan akan terpacu mencari tambahan uang untuk di tabung biar bisa beli mobil itu. 

Berikutnya seseorang bisa jatuh miskin atau tetap berada di garis kemiskinan karena Enggan hidup sederhana. Akibat dari tidak ingin atau enggan hidup sederhana, membuat tingkat konsumerisme seseorang semakin tinggi. Hal ini berujung pada banyaknya utang yang membelit akibat keinginan mebeli ini dan itu demi memenuhi gengsi. Jadi kalau kawan ingin kaya maka pastikan anda hidup sederhana dengan arti belanja lah sesuai kebutuhan. Misalnya, jika hape harga melebihi jutaan rupiah tidak mempengaruhi kinerja kerja anda untuk menghasilkan uang, maka tak perlu beli.

Berikutnya penyebab seseorang miskin adalah, Belum habis bulan, gaji sudah habis. Bagi kawan-kawan yang tidak ingin hidup miskin, maka perkecil lah biaya pengeluaran anda. Pastikan setiap mendapat gaji (uang masuk) selalu disisipkan untuk ditabung. Hal ini diperlukan untuk keperluan mendadak dimasa yang akan datang. Dan syukur-syukur bisa buat modal usaha.

Dan yang keempat, Tidak mau berinvestasi, banyak orang tidak ingin pusing-pusing memikirkan investasi uang. Padahal jika ingin memanen durian, maka kita wajib tanam durian. Dan begitu juga jika ingin memanen uang, kita wajib tanam uang. Jadi jika kawan tidak ingin miskin atau justru malah mau jadi kaya, kawan mesti memikirkan masalah investasi serta mencoba menjadi pengusaha.

Dan kelima yang merupakan paling berbahaya adalah, Hobby utang. Pengalaman saya selama 8 tahun manajer diberbagai persuhaan justru saya tidak memiliki apa-apa. Rumah saya selama bertahun tidak lain berupa gubuk yang kurang lebih dari kandang kambing. Syukur 3 tahun lalu saya menemukan penyebab saya miskin. Salah satunya saya selalu mengutang. Setiap kali ingin HP, Laptop, selalu saya kredit. Dan kawan pasti bisa tebak, begitu dapat gaji langsung habis untuk bayar kredit ini-itu.

Sekarang saya belum kaya, tapi jika dilihat 3 tahun lalu, kehidupan saya tak lebih baik dari seorang pemulung. Meskipun belum kaya, tapi setidaknya saat ini saya punya tempat usaha Cafe Ngopngob di jalan Wisata Bahari km 29 Kawal, Gunungkijang, Bintan, Kepri (Persis depan BANK BRI Kawal). Dan jika kawan ingin berbagi serta sharing berbagai ilmu pengetahun dengan saya, itu suatu kebanggaan tersendiri. 

Terimakasih. 




Jonny Richards

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Terkini