Dalam strategy perang Sun Tzu atau yang lebih di kenal sebagai The Art Of War menyatakan 'Kemenangan disaat perang adalah persiapan dari tempat tidur'.
Bicara masalah panglima perang Sun Tzu tidak akan pernah habisnya. Dan kali ini saya ingin mengajak anda Ngopi sambil Ngobrol alias Ngopi Ngobrol.
Jika anda seorang Marketing atau pemilik usaha di bidang usaha Food and Beverage, maka artikel ini sangat cocok dijadikan sebagai senjata meraih kesuksesan untuk mengembangkan usaha tersebut.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnolgy saat ini mengharuskan seorang marketing dan jajaran leadership lain di bidang ini memiliki keahlian dalam berinovasi jika tidak ingin 'mati' ditelan zaman.
Banyak orang yang punya keahlian sebagai seorang marketing baik di bangku kuliah maupun dari pengalaman kerja. Namun karena terlalu fokus pada cara-cara lama, mereka tidak bisa move on dalam menciptakan cara baru.
Misalnya, saat ini banyak restorant bahkan hotel melakukan upaya promosi melalui kerjasama dengan Traveloka dan Travel Agent lain. Tapi sangat jarang yang mencoba kerjasama dengan komunitas pecinta travelling secara langsung misalnya Backpackers.
Jadi langsung saja strategy Marketing terbaik mengembangkan usaha kuliner.
1. Kerjasama Dengan Medmas atau Pengiat Medsos
Setiap orang memiliki keahlian berdasarkan talenta masing-masing. Untuk itu, pengusaha atau para marketing sudah seharusnya melirik para penggiat medsos selalin media dalam mempromosi usaha yang anda miliki.
Untuk mempromosi usaha yang dimiliki bisa dilakukan dengan bekerjasama seperti melakukan aktifitas di tempat usaha anda secara cuma-cuma dengan catatan penggiat medsos atau Medmas wajib mempromosi tempat anda dengan cara mereka sendiri. Karena sebagai penggiat medsos dan Medmas punya trik sendiri meningkat jumlah view artikel atau video terkait usaha anda.
2. Ciptakan Positive Controversial
Zaman sekarang jangan mimpi yang baik-baik bisa naik daun. Kecuali memang hal itu benar-super. Tapi kita bukan superman kan?
Misalnya, anda kerjasama dengan para Youtuber/ Blogger atau Medmas (Media Masa eletkronik) dengan menciptakan sebuah kontroversi itu. Katakan lah acara penggalangan dana untuk fakir miskin dan kaum janda. (ini cuma contoh).
Dengan menciptakan hal ini, orang dengan sendirnya berame-rame menshare kegiatan yang anda lakukan dan tidak bermasalah dengan hukum.
3. Jangan Kerjasama Dengan Travel
Wow! Ini pasti ekstrem atau tidak masuk akal mungkin bagi anda. Tapi alasan saya adalah dengan apa anda punya keunikan atau perbedaan jika cara-cara yang dilakukan oleh yang lain juga anda lakukan?
Kenapa anda tidak membuka chanel youtube sendiri, ciptakan website sendiri. Tapi anda butuh konsultan khusus dalam membuat video viral atau pun artikel viral.
4. Lupakan Formalitas Tapi Pelayanan Ekstra Baik
Bisnis Food and Beverage di tepi pantai lebih banyak di incar bukan hanya karena pantainya. Tapi juga karena karwayan disana tidak kelihatan lebih casual.
5. Beri Kebanggan Pada Karyawan
Seorang tentara meskipun ia tau kematian akan menghantui saat perang. Tapi karena mereka bangga atas baju itu, mereka tidak peduli.
Begitu anda telah berhasil membuat karyawan punya kebanggaan bekerja diperusahaan anda, maka secara otomatis mereka akan membantumu dalam promosi.
6. Jadikan Karyawan Semua Marketing
Berikan pancingan khusus pada karyawan agar memikirkan cara promosi yang bagus. Dan beri waktu mereka menjalankan ide itu selagi cost masih wajar.
7. Jangan Pernah Puas
Meskipun anda telah mencapai target, tapi jangan pernah puas. Karena hal ini hanya membuat anda berhenti berpikir cara baru. Dan ketika anda berhenti berpikir, maka siap-siap lah usaha anda juga berhenti.
Sekian dulu acara ngopi ngobrol kita mengenai Kuliner.
Artikel ini hanya sebagian dari strategy saja. Jika anda ingin bertanya silahkan kirim email ke kami atau meninggalkan komentar di kolom komentar.
Terimakasih
Penulis : Setianus Zai...
Wartawan Centralbatam.co.id. Pemilik Blogger "Ngopngob" Youtube
Pengalaman bekerja di level Manajerial Hotel/Restorang 8 tahun.