Cara Kilat Belajar Bahasa Inggris


Bahasa Inggris merupakan bahasa dunia atau bahasa Internasional. Karenanya, sangat disayangkan jika saat ini masih ada tidak berbahasa Inggris.

Singkat saja, berikut beberapa tips agar cepat bisa mahir dalam bahasa Inggris. Tapi ingat, tips ini tidak diciptakan seperti antangin JRG, begitu minum, bablas angine alias bisa komat-kamit dalam bahasa Inggris. 

No, This receipt will not work without "Willingness and keep practice".

No, Here we go......

1.      Perbanyak menterjemahkan. 

      Mengahafal satu demi satu kosa kata mungkin sedikit susah. Karenanya, biasakanlah menterjemahkan bahasa Indonesia ke Inggris. Dan sebalik Inngris ke Indonesia. Jika menemui banyak kesalahan khususnya dalam menterjemahkan kalimat, jangan putus asa. Sebab semakin sering menterjemahkan semakin banyak kosa-kata yang kuasai.

2.      Jadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa hari-hari. 

      Banyak orang (siswa,pegawai,dll) mengakaui bahwa salah satu kesulitan mereka adalah dalam mengucapkan kalimat. Orang bilang, bisa karena terbiasa. Maka bentukalah kebiasaan menggunakan bahasa Inggris setiap hari, setelah itu kebiasa itu akan membentuk dan hasilnya "You can, You are expert". 

S   Jangan khawtir jika belum memiliki banyak kosa kata (vocabulary), anda bisa melakukan mixing word (mencampuraduk kata) alias Binglish, yang artinya Bahasa Indonesia -English. Contohnya Come on lah, kita have to go (Come on please, we have to go). Ya, maksudnya semacam Singlish gitulah banyak "lah"nya(Singaporean -English).

    Pahami lebih dalam. Setiap kali anda menterjemahkan bahasa Inggris, coba anda perdalam arti yang anda terjemahkan.


Contoh : You don’t have to only learn English from textbooks and teaches.
You = Kamu/anda, Don’t = Tidak/jangan, Have =Memiliki/telah, To =Ke, di,pada,etc,  Only =hanya, Cuma,etc, Learn =belajar, English =bahasa Inggris, from =dari, textbooks =buku test, and =dan, Teaches =mengajarkan.

Sebagai penerjemah pemula pasti menemukan kendala dalam menterjemahkan. Tapi jangan kuatir, pada tahap awal anda cukup menterjemahkan berdasarkan arti tiap kosa kata.
Contoh terjemahan. Anda/kamu tidak memiliki ke hanya belajar bahasa Inggris dari buku teks and pengajaran.

Pemula, apalagi yang belum memiliki dasar bahasa Inggris pasti cara menterjemahkan kurang lebih seperti itu.

Tugas anda berikut setelah menterjemahkan satu kalimat full, cob abaca secara berulang-ulang sambil memperhatikan susunan bahasa Indonesia yang benar (atau setidaknya yang bisa dipahami.
Contoh :Anda jangan hanya belajar bahasa Inggris dari buku paduan atau dari guru.
Seperti ini juga bisa : Jangan hanya belajar dari buku sekolah ataupun pada gur.
Artinya, menterjemahkan bahasa Inggris itu bebas asal tidak lari dari arti yang dimaksud. Jika anda menterjemahkan sambil mengingat rumus-rumus grammer (tata bahasa), percaya anda keburu bosan duluan.

4.      Belajar kata tanya. Dengan memahami kata tanya akan memudahkan anda untuk bertanya kepada orang dengan menggunkan bahasa Inggris.

Berikut beberapa "kata tanya dalam bahasa Inggris” (Interrogative words in English),
-          Interrogative determiner (Kata tanya penentu)
a)      which, what
b)      whose (personal possessive determiner)
-          interrogative pronoun
a)      Who, whom dan Whose (personal)
b)      What, Which
-          Interrogative pro-adverb
a)                  Where (tempat)
b)                  Whither (goal)
c)                  Whence (asal)
d)                 When (waktu)
e)                  How (cara,jumlah)
f)                   Why (alasan)

Selain itu to be Is, am dan are, serta modals (can, do/does, have/has, may) juga sering digunakan pada pertanyaan tertentu. Namun pemakaian to be tidak serumit Kata tanya.
Pemakaian kata tanya dan tobe/modals jangan terlalu fokus pada pemakaian sesuai dengan grammer karena hanya menambah daftar kebosanan anda dalam bahasa inggris. Yang penting tanya dulu dalam bahasa Inggris, benar atau salah masalah nanti.
Notes ; Jika anda tidak memberanikan diri bicara dalam bahasa Inggris maka selamanya anda tidak akan bisa bahasa inggris.

5.      Jangan terlalu banyak grammer. Belajar grammer memang jika anda ingin menjadi seorang guru bahasa Inggris. Namun jika anda hanya ingin sekedar, maka belajar grammer cukup cara penyusunan kalimat sederhana saja. Tidak perlu harus sesuai grammer.

Contoh 1. She have a great personality (Harusnya She,he,it pakai has) Jangan takut, sikat aja, toh juga artinya sama saja.
Contoh 2. I go now (Seharusnya jika ada ‘now’ harusnya memakai ‘to be+ing-form) Sekali lagi saya bilang, sikat aja. Yang penting lawan bicara anda paham.

6.      Belajar dari orang. Setelah anda memiliki kosa kata yang banyak, maka belajar lah dari rang yang mahir dari bahasa Inggris. Anda bisa kursus di lembaga-lembaga kursus ataupun belajar otodidak dari Internet.
Demikian. Semoga bermanfaat.

Mohon berikan komentar demi kemajuan bersama….dan bagi para master bahasa Inggris, ditunggu masukannya. 
Jonny Richards

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

Previous Post Next Post

Terkini