Selalu Merasa Benar Sendiri? Belajar Lah Dari Ikan Salmon

Image result for salmon fish and the bear"
Ikan Salmon lahir di air tawar. Namun saat sudah dewasa, ikan Salmon bersama rombongan berenang menuju hulu sungai. Dan setelah tiba di sana, mereka menuju ke kedalaman laut untuk mengarungi samudra.

Di Samudra mereka habiskan hingga musim kawin usai. Dan sesaat sebelum melahirkan, mereka kembali ke hilir di mana mereka berasal. Setelah tiba di tempat asal, mereka melahirkan lalu mati.

Kita manusia memang telah diberikan akal dan pikiran. Meskipun demikian, agar akal dan pikiran itu terus berkembang, kita harus terus belajar dari makhluk ciptaan Tuhan yang lain.

Pelajaran yang kita bisa kita ambil dari Ikan Salmon adalah Hidup Lingkungan Yang Berbeda....

Kita tidak akan pernah melihat keindahan jika kita hanya hidup di satu suku, satu agama, atau satu kelompok. Karena perkembangan cara berpikir kita akan sempit sehingga susah untuk menghadapi persaingan ilmu pengetahuan dan technology saat ini.

Dan lagi, tanpa merasakan suasana di tempat lain, dengan apa kita menyebut tempat kita paling baik? Padahal ikan Salmon sendiri siap menghadapi berbagai tantangan demi melihat perbedaan air asin. 

Tanpa mempelajari adat istiadat, agama orang lain, dengan apa kita menyebut mereka tidak lebih baik dari kita? Bukan kah ADAT, BUDAYA DAN AGAMA itu lahir jauh sebelum kita?

Ikan Salmon adalah merupakan ciptakan Tuhan, dengan demikian sikap dan cara hidup ikan itu juga mesti kita pelajari dan tiru. Salah satunya, rela menempuh berbagai rintangan demi melihat dan merasakan kehidupan yang berbeda. 

Jika Tuhan menginginkan, maka apapun hal itu pasti terjadi. Tapi karena Dia punya rencana, Tuhan mengizinkan berbagai Suku, Adat, Budaya hingga Agama bermunculan. 

Maka, celaka lah orang-orang yang tidak bisa menerima perbedaan apalagi mengucilkan nya.

Tuhan telah menciptakan berbagai hal, dan celakalah kita kalau tidak belajar darinya.  

Sekian dan terimakasih, semoga bermanfaat. Salam NKRI

Jonny Richards

Templateify is a site where you find unique and professional blogger templates, Improve your blog now for free.

Post a Comment (0)
Previous Post Next Post

Terkini